DPRD Segera Usulkan Calon PJ Gubernur Lampung

// Salah Satunya Fahrizal Darminto //

Bandarlampung – DPRD Provinsi Lampung segera mengusulkan nama-nama calon Pejabat (PJ) Gubernur Lampung menggantikan Arinal Djunaidi yang Akhir Masa Jabatan (AMJ)-nya habis Desember 2023 mendatang. Hal itu menyusul telah turunnya Surat Edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pengusulan tiga nama calon PJ Gubernur Lampung.

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni membenarkan bahwa pihaknya telah menerima Surat Edaran dari Kemendagri untuk mengusulkan tiga nama calon PJ Gubernur Lampung.

“Iya, kemarin kita rapat pimpinan dan telah menerima SE dari Kemendagri. Artinya dengan adanya SE ini, kami akan segera membahas siapa nama-nama yang akan kita usulkan menjadi calon PJ Gubernur Lampung,” ujar Elly di ruang kerjanya, Kamis (2/11).

Kendati demikian, Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Lampung ini mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun orang yang menyatakan akan maju sebagai calon PJ Gubernur Lampung.

Karena belum ada calon, politisi Partai Gerinda ini menilai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto adalah satu-satunya pejabat Lampung yang memenuhi syarat untuk menjadi calon PJ Gubernur Lampung.

“Karena dia (Sekdaprov, Fahrizal, red) adalah eselon satu. Selain memenuhi syarat, dia juga mempuni. Beliau berkarier dari bawah, dan komunikasi juga bagus, serta mengerti dan paham peta kondisi pembangunan Lampung,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya mengusulkan Sekdaprov Fahrizal sebagai salah satu dari tiga nama yang diminta Kemendagri untuk menjadi calon PJ Gubenur Lampung. “Dan kalau pun memang tidak ada yang lainnya, ya satu nama Pak Sekdaprov itu lah yang nanti akan kami usulkan ke Kemendagri. Dan ini berdasarkan penilaian kami mengusulkan Pak Sekda,” ujarnya.

Disinggung terkait nama-nama yang sudah mencuat, menurutnya hal itu hak mereka. Namun, Elly mengatakan, DPRD Provinsi Lampung mempunyai hak untuk mengusulkan nama calon PJ Gubernur Lampung.

“Ya itu hak mereka, tapi sampai saat ini kami belum pernah bertemu dengan mereka yang mau jadi PJ Gubernur Lampung. Yah namanya mau jadi PJ Gubernur Lampung, ya seenggaknya bersilaturahmi lah dengan kami, karena kita disini juga adalah mitra, jika nantinya salah satu dari mereka yang nantinya ditunjuk menjadi PJ,” kata Elly.

Lebih lanjut, dirinya berharap, PJ Gubernur Lampung nantinya adalah orang yang mengerti peta dan kondisi Provinsi Lampung. Serta, memiliki komunikasi yang baik, khususnya dengan DPRD Provinsi Lampung sebagai mitra kerja pembangunan Lampung.

“Jangan sampai, PJ Gubernur Lampung ini tidak mengerti kondisi lampung seperti apa. Bagaimana pembangunan Lampung bisa jalan kalau begitu,” kata dia.

“Dan yang perlu diingat lagi, jabatan PJ Gubernur Lampung ini tidak lama, dan akan menghadapi tahun politik. Menghadapi pemilu dan pilkada. Makanya jangan sampai ada riak-riak yang tidak kita inginkan. Makanya PJ Gubernur Lampung ini harus orang yang mengerti Lampung,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun, sampai saat ini sudah ada empat nama yang mengajukan surat ke Kemendagri untuk menjadi calon PJ Gubernur Lampung. Mereka adalah Staf Ahli Kemenpora Samsudin, Sekjen DPD RI Rahma Hadi, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto, dan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *